Penyebab Umum Hirsutisme dan Cara Mengobatinya


 

Sumber: thedailystar.net

Ketika seorang wanita memiliki rambut yang tumbuh secara berlebihan di bagian-bagian tubuh yang bukan seharusnya ada, hal tersebut dinamakan Hirsutisme. Tumbuhnya rambut yang berlebihan ini sudah pasti tidak diinginkan oleh wanita, maka dari itu kemunculannya akan sangat mengganggu. Rambut yang tumbuh karena hirsutisme dengan rambut normal yang biasa tumbuh pada seorang wanita dibedakan dari tekstur rambutnya.

Tumbuhnya rambut di bagian-bagian yang tidak diinginkan oleh wanita seperti pada dagu, bibir atas, serta dada, mempunyai tekstur yang lebih tebal, kasar, serta memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan dengan rambut normal pada wanita. Menurut honestdocs.id, pola dari pertumbuhan hirsutisme yang dialami seorang wanita seringkali dihubungkan dengan tumbuhnya rambut dengan tidak normal yang diakibatkan oleh gangguan dari hormon adrenal.

Penyebab umum hirsutisme sendiri ada beberapa faktornya, tetapi yang paling sering terjadi adalah akibat dari hormon androgen yang terlampau tinggi di dalam tubuh wanita.  Hormon androgen adalah hormon yang biasanya berada di dalam tubuh laki-laki untuk pertumbuhan seperti otot, kumis, jengot dan suara. Pada diri seorang wanita memang ada untuk pertumbuhan ovarioum dan kelenjar adrenal.
Memang, tidak banyak wanita yang mengalami hal ini. Dilansir dari Indian Journal of Dermatology, hanya sekitar 5 sampai 10 persen wanita di dunia yang mengalami hirsutisme. Hal ini pula yang sering dihubungkan dengan munculnya hirsutisme yang disebabkan oleh faktor keturunan atau gen.

PCOS atau Polycystic Ovarian Syndrome merupakan yang termasuk ke dalam penyebab umum hirsutisme. Sindrom Ovarium ini memang semacam kista pada rahim perempuan, hanya saja masih terbilang jinak. Hal tersebut yang bisa mempengaruhi produksi dari hormon, sehingga menstruasi pun menjadi tidak teratur bahkan kesuburan menjadi menurun.

Kemudian,dari beberapa hasil penelitian wanita yang mengalami PCOS akan mengalami gejala seperti banyak jerawat yang muncul dan parah, serta cenderung wanita yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Ada beberapa gejala lain di antaranya mudah merasakan lelah, mood swing atau mudahnya berubah suasana hati, rasa nyeri pada panggul, memiliki masalah tidur, infertilitas, dan sakit kepala.

Penyebab umum hirsutisme pun bisa terjadi karena gangguan pada kelenjar adrenal. Gangguan pada kelenjar adrenal memiliki bentuk ketidakseimbangan dari hormon-hormon lain, seperti penyakit cushing, tumor adrenal, kanker adrenal, serta penyakit hiperplasia adrenal kongenital.

Sedangkan untuk gejala penyakit atau gangguan pada kelenjar adrenal di antaranya tekanan darah yang tinggi, lemahnya tulang dan otot, obesitas pada bagian atas tubuh, rasa sakit pada kepala, memiliki kadar gula yang tinggi atau sebaliknya kadar gula yang rendah, tumor yang bisa muncul pada kelenjar adrenal maupun ovarium, sindroma cushing atau kadar hormon kortisol yang tinggi, serta pada beberapa kasus, wanita bisa saja mengalami hirsutisme idiopatik. Arti dari hirsutisme idiopatik adalah tidak bisa terdeteksinya penyebab dari berkembangnya penyakit hirsutisme. Hirsutisme yang seperti ini yang sangat sulit dideteksi dan akan sulit diobati karena sudah kronis.

Penyebab umum hirsutisme pun bisa berasal dari obat-obatan. Wanita yang sering mengonsumsi obat-obatan tertentu memiliki resiko lebih besar untuk mengalami hirsutisme. Obat-obatan yang dimaksud ialah minoxidil, yaitu obat yang dikonsumsi untuk merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat. Obat steroid anabolik, yaitu obat yang merupakan variasi dari sintetis yang berasal dari testosteron. Obat testosteron, merupakan obat yang dikonsumsi apabila penderita mengalami kekurangan zat testosteron.

Itulah ulasan mengenai penyebab umum hirsutisme yang bisa kamu kenali, maka dari itu jika kamu sudah merasakan gejala seperti yang sudah ditulis di atasm, kamu bisa langsung melakukan konsultasi ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Umum Hirsutisme dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar